Rabu, 29 Februari 2012

fungsi selection dan perulangan di bahasa java

        sudah lama juga saya tidak memposting hasil kerjaan lab programing saya , untuk selanjut nya insyallah akan selalu saya usahakan mempost.
berikut ini adalah contoh program sederhana dengan menggunakan selection funsi if dan while yang pernah saya buat waktu semester 1 untuk iseng iseng saja jadi kalo keliatan cupu maaf yah juragan semua hehehe
, langsung aja ke hidangan pembuka nya juragan.


       Program yang saya buat ini tujuan nya adalah untuk memperaktekan fungsi if dan do-while dengan cara yang gampang tentu nya soal nya saya lemah matematika hehehe, lanjut gan mungkin ada yang belum tau apa fungsi nya scanner saya akan sedikit menjelaskan fungsi scanner menurut pemahaman saya, scanner ialah kelas library dalam bahasa java jadi ketika kita menyusun programan java kita menggunakan scanner untuk memanggil fungsi dari data yang kita deklarasi kan (kalo ada yang salah maaf gan ).


    Di baris ke 7 dan baris ke delapan kita menyatakan bahwa tipe data yang akan kita gunakan adalah tipe integer dan String, baris ke 11 yaitu "System.out.println" itu berfungsi untuk menampilakan hasil/output, kalo ada yang bingung kok ada "System.out.println" dan "System.out.print". Println adalah singkatan dari printline kode ini berfungsi menampilkan output dan setelah semua text di tampilakan akan di pindah baris secara otomatis, kalo print berbeda dangan println ketika menampilkan output dia tidak memindah baris melainkan menampilakan output di satu baris juga.


     di baris ke tujuh kita menggunakan fungsi pengulangan do-while di baris ke 20 di minta masukan untuk nilai angka, kemudian di baris ke 21 kita menggunakan fungsi if maksud dari penulisan kode ini adalah "jika angka lebih kecil dari 1 atau angka lebih besar dari 20 " maka akan keluar pesan "your input wrong" , di baris ke 25 adalah while yaitu pengulangan nya penjelasan untuk kode ini sama seperti di fungsi if hanya beda nya jika salah dia akan mengulang ke proses sebelum nya yaitu input number.
jika benar maka akan muncul output "hello" seperti di baris ke 27. silakan di liat screnn shoot output nya .



         
sekian dari saya mohon maaf juragan semua kalo ada yang tidak berkenan kalo ada yang ingin memberikan masukan/kritik saya sangat senang
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut